Base

About Me

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Digital Printing

Kebutuhan akan percetakan digital sekarang ini semakin bertambah. Mengingat semakin banyaknya juga kebutuhan dalam berbagai acara. Berbagai acara atau event sangat sering menggunakan Digital Printing untuk kebutuhan spanduk,banner dan baliho. Pembuatan hal-hal tersebut memang sebenarnya tidak melulu menggunakan Digital Printing . Dahulu percetakan  menggunakan cetakan secara offline atau sering disebut dengan teknik cetak offside. kemunculan Digital Printing  pertama kali tarifnya cukup mahal namun lambat laun Digital Printing  murah dengan sendirinya. Hal tersebut di sebabkan semakin banyaknya pengguna jasa Digital Printing  ini. Dengan konsep semakin banyaknya orang menggunakan produksi maka semakin murah biaya secara keseluruhan.  Hal itulah yang membuat Digital Printing  murah.

Lalu apa sebenarnya Digital Printing  itu? Sepertinya memang perlu dijelaskan sedikit mengenai itu. Digital Printing  adalah metode percetakan modern yang menggunakan teknik digital sebagai media transfer dari desain/materi ke dalam media percetakan. Secara lebih umum, pengertian Digital Printing  dapat disimpulkan sebagai media cetak yang berbasis digital dalam materi untuk cetaknya. Mungkin ini hanya sekedar pengertian tapi bisa jadi menjadi wawasan baru. Sedikit juga tentang sejarah mengenai Digital Printing . Sebenarnya Digital Printing  ini sudah ada sejak tahun 1990an, salah satu penyedia jasa Percetakan Murah di Jakarta Timur  yang telah memiliki reputasi yang bagik adalah Nada Raja Printing, dan makin berkembang sampai sekarang. Bahkan semakin berkembangnya Digital Printing  juga berevolusi menjadi Digital Printing  online. Yang secara penggunaannya juga semakin mudah dan simpel.

Jenis-jenis Digital Printing

Selanjutnya kami mencoba untuk mengklasifikasikan jenis Digital Printing  yang populer. Karena banyak sekali fungsi dan penggunaan di bidangnya masing-masing

  1. Injek Printer

Jenis digital printer ini mungkin yang sering kita temui di berbagai tempat. Mulai dari sekolahan,kantor hingga jasa percetakan. Hal ini dikarenakan kegunaan printer injek ini sangat konvensional dan syarat akan kebutuhan. Seperti mencetak dokumen,membuat poster dan mencetak foto.

  1. Plotter machine

Dibandingkan dengan printer injek, digital printer ini lebih lebar. Dengan ukuran yang lebih besar pula cetakan yang di hasilkan memang diproyeksikan untuk hasil yang lebih besar. Mesin ini tersedia mulai dari ukuran 1,5 meter hingga 5 meter. Tinta yang digunakan pun juga berbeda dengan printer injek yaitu tinta Solvent, Dye atau Pigmen, UV dan ecosolvent.

  1. Digital Offside

Secara hasil cetakan mesin Digital Printing  ini bisa memuat hasil cetakan dengan ukuran ukuran A4 hingga A0. Mesin ini biasanya diproyeksikan untuk mencetak buku dan mencetak peta. Mesin Digital Printing  ini biasanya cepat dalam cetakannya karena kebutuhan yang digunakan juga banyak.

  1. Flatbed Printing

Jenis Digital Printing  ini biasanya digunakan untuk media keras seperti Kayu,kramik dan kaca. Hasil cetakan dari mesin ini biasanya akan cepat mudah kering. Hal ini dikarenakan mesin Digital Printing  ini menggunakan tinta dengan sinar UV.

  1. Sablon Digital

Untuk Digital Printing  model ini tergolong hal baru dan semakin populer juga. Penggunaannya ini biasanya digunakan untuk mencetak di atas kain katun atau polyester. Tinta yang digunakan adalah tinta Neo Pigmen Kornit.

  1. 3D Printing

Dari semua Digital Printing  mungkin ini yang paling baru. Digital Printing  ini mulai di perkenalkan pada tahun 2013. Digital Printing  ini banyak digunakan di lingkungan industri yang besar. Bahan yang digunakan untuk menggunakan Digital Printing  ini adalah photopolymer dan mendapatkan hasil objek digital tiga dimensi.

Kelebihan dan kekurangan Digital Printing

Segala sesuatu memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal itu juga berlaku pada Digital Printing  dan kami mencoba menguraikan kelebihan dan kekurangan Digital Printing .

Kelebihan dari Digital Printing

  1. Proses pengerjaan cenderung cepat karena menggunakan computer untuk mengaturnya
  2. Jumlah cetakan bisa diatur dengan softwere yang tersedia, jadi dalam pencetakannya dapat menentukan berapa jumlah yang akan di cetak
  3. Mesin Digital Printing  dapat mencetak sampel dahulu sebelum dicetak secara massal
  4. Operator mesin digital printer ini tidak membutuhkan tenaga ahli dalam mengoperasikannya karena percetakan ini tidak tergantung dengan operatornya.
  5. Menarik banyak minat orang awam untuk membuka usaha Digital Printing
  6. Digital Printing  juga dapat mencetak dengan bahan dari cetakan offside. Jadi sangat fungsional dalam menggunakannya.

Kekurangan dari digital

  1. Modal yang digunakan untuk membuka usaha Digital Printing  ini cukup mahal dikarenakan mesin yang terus update
  2. Persaingan yang ketat dalam usaha Digital Printing  ini. mengingat karena kemudahannya banyak orang yang memulai membuka usaha ini.
  3. Faktor harga juga termasuk dalam kekurangan Digital Printing . Hal ini dikarenakan harga jual  mesin Digital Printing  cukup rendah
  4. Dilihat dari untung rugi usaha Digital Printing  ini, omset yang ditawarkan cukup kecil sehingga untuk balik modal cukup lama.

Uraian diatas merupakan keuntungan dan kerugian dari Digital Printing  yang kami himpun untuk melihat secara berimbang tentang Digital Printing .

Jasa Digital Printing

Dari berbagai uraian yang kami paparkan diatas kami memang mencoba menghimpun aspek-aspek tentang Digital Printing . Hal ini kami tawarkan untuk menjadi acuan bagi semua orang untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membuka usaha Digital Printing  atau hanya sekedar dijadikan wawasan umum. Namun mengingat dengan berkembangnya teknologi seperti ini pemanfaatnya berpeluang menghasilkan keuntungan. Tidak jarang beberapa orang membuka usaha Digital Printing  ini. entah itu Digital Printing  online, Digital Printing 24 jam, jasa percetakan murah di jakarta timur dan bentuk berbagai usaha Digital Printing  lainya.

Dengan kemajuan teknologi ini membuat semua dipermudah dengan semua yang serba online dan digital. Mengandalkan konsep ini tidak jarang banyak yang menawarkan jasa lewat online seperti halnya Digital Printing  Online. Usaha ini di anggap sebagai salah satu cara marketing yang baru dengan memanfaatkan konsep online. Mekanisme dari bentuk Digital Printing  online ini hanyalah dengan mengandalkan media sosial atau website yang ada. Pihak yang memiliki usaha atau jasa ini mencantumkan berbagai penawaran dan contact person yang dapat dihubungi. Dengan hanya menghubungi contact yang di sertakan, pengguna jasa ini bisa menikmati jasa ini dimanapun dan kapanpun. Model usaha seperti ini memang banyak di kota-kota besar dengan intensitas kegiatan yang padat. Seperti Digital Printing  di Jakarta yang menawarkan dengan sistem online.

Selain dengan sistem online, Digital Printing  untuk menggaet pelanggannya juga menerapkan Digital Printing  24 jam. Memang kebutuhan akan Digital Printing  pada saat ini bisa dikatakan sangat banyak. Tidak jarang beberapa usaha atau jasa ini menggunakan sistem Digital Printing  24 jam. Hal ini dimaksudkan untuk membuat Digital Printing  sedia setiap saat bagi yang membutuhkan.  Selain itu kebutuhan akan  produksi tidak jarang membuat pekerjaan mengharuskan sampai 24 jam. Hal ini biasanya memang terjadi untuk pemesanan dalam jumlah besar, diantaranya seperti kebutuhan dalam pemesanan cetak buku murah. Yang sering terjadi di kota kota besar seperti Jakarta. Jadi hal lumrah apabila Digital Printing  di Jakarta kadang buka sampai 24 jam. Mengingat ibu kota merupakan daerah dengan intensitas bisnis yang ketat pula. Digital Printing  di Jakarta Biasanya dalam penawarannya juga menyebutkan email sperti “ptnada.rj@gmail.com” dan contact person “Telepon: 0812 8047 7989” yang dapat dihubungi melalui WA atau SMS.

Books I Love
Name

Uda Yuma